Abstract:
Mutu lulusan dalam ruag lingkup pendidikan sangat menjadi tolak ukur
keberhasian suatu sekolah.Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah
satu faktor yang menentukan kualitas lulusan.Selain kepala sekolah, salah satu
elemen kunci pada sistem pendidikan terletak pada guru. Kualitas guru yang
kurang mumpuni tentu diakibatkan perbedaan kualitas kinerja, kompetensi dan
kemampuan yang dimiliki guru, akhirnya akan memberikan pengaruh terhadap
kinerja guru dalam peningkatan kualitas pendidikan umumnya dan kualitas
pembelajaran khususnya. Faktor lain yang menentukan kualitas lulusan adalah
fasilitas (sarana dan prasarana) belajar seperti gedung dan fasilitas laindalam
mendukung proses belajar mengajar seperti alat peraga dan praktik, laboratorium
atau balai latihan kerja (BLK) yang dibutuhkan oleh siswa.Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan dan bertujuan untuk
mengetahui : 1) Pengaruh kepemimpinan visioner terhadap mutu lulusan 20
Pengaruh kinerja guru terhadap mutu lulusan 3) Pengaruh fasilitas belajar
terhadap mutu lulusan 4) Pengaruh kepemimpinan visioner, kinerja guru dan
fasilitas belajar terhadap mutu lulusan Metode penelitian yang dilakukan adalah
penelitian asosiatif, dimana variabel diukur dengan skala likert.Metode
pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan (questionnaire)
Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20.0, dengan analisis
deskript.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel Gaya
Kepemimpinan Visioner mempengaruhi Mutu Lulusan di SMK sebesar 51,6 %;
(2) secara parsial variabel Kinerja Guru mempengaruhi Mutu Lulusan di SMK
sebesar 78,2 %; (3) secara parsial variabel Fasilitas Belajar mempengaruhi Mutu
Lulusan di SMK sebesar 84,1 %; (4) secara simultan terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara Gaya Kepemimpinan Visioner, Kinerja Guru dan
Fasilitas Belajar terhadap Mutu Lulusan di SMK sebesar 89,7 %.