Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand awareness dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian anggota koperasi syariah 212. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik análisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Awareness berpengaruh positif terhadap keptusan pembelian anggota koperasi syariah 212 yang diperoleh dari nilai thitung > ttabel (6,979> 1,99006), dengan signifikansi (0,000<0,05). Dan Electronic Word Of Mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian anggota koperasi syariah 212 yang diperoleh dari nilai thitung < ttabel (0,890< 1,99006), dengan signifikansi (0,376>0,05). Brand Awareness dan Electronic Word Of Mouth secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang diperoleh dari nilai fhitung > ftabel (37,389> 3,11), dengan signifikansi (0,000<0,05). serta Brand Awareness dan Electronic Word Of Mouth mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 48,3%, sedangkan sisanya 51,7% keputusan pembelian anggota koperasi syariah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian semakin banyak masyarakat memahami Brand awareness dan Electronic Word Of Mouth maka semakin banyak masyarakat yang melakukan keputusan pembeliannya di koperasi syariah 212.