Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi
mempertahankan loyalitas konsumen usaha laundry berlabel syariah. Pendekatan
penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data premier
dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara
kepada bisnis konsultan dan konsumen laundry syari.
Strategi adalah cara yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, tidak
hanya sekedar perencanaan, tetapi lebih dari perencanaan yang menyeluruh,
komprehensif, dan integral. Untuk mempertahankan loyalitas konsumen, laundry
syari menerapkan strategi yaitu dengan memperhatikan kualitas produk, kualitas
pelayanan (service), promosi (promotion), dan harga (price). Dari aspek ekonomi
islam laundry syari merupakan usaha pelayanan jasa yang mengedepankan
kejujuran dan kepercayaan dalam setiap transaksinya baik itu promosi ataupun
informasi produk yang diberikan kepada konsumen, bersikap ramah, sopan dan
bertanggung jawab kepada setiap konsumen dengan memberikan pelayanan jasa
dan produk yang dijamin kualitasnya.Karakteristik loyalitas konsumen laundry
syari yaitu : (1) Mendaftar sebagai member tetap laundry syari. (2) Melakukan
transaksi teratur. (3) Tidak terpengaruh dengan jasa layanan lainnya. (4)
Mempromosikan atau merekomendasikan pada orang lain.