Abstract:
Keputusan pembelian menjadi salah satu aspek penting dalam
pemasaran, agar tujuan dari pemasaran dapat tercapai dengan optimal, dan dapat
memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perusahaan dalam
meningkatkan profit dalam penjualan. Tingkat pencapaian keputusan pembelian
dipengarui oleh banyak faktor seperti: promosi, kualitas produk, inovasi produk,
citra merek, strategi pemasaran, harga dan lain-lain. Dalam penelitian ini tidak
semua faktor akan diteliti, tetapi hanya difokuskan pada pelaksanaan citra merek
dan inovasi produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap keputusan
pembelian dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek dan
inovasi produk terhadap keputusan pembelian helm ltd sport (studi kasus pada
mahasiswa UMSU). Penedekatan penelitian yang digunakan ini adalah
pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
UMSU sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel
pengamatan yang dilakukan berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji t
dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS versi 16.00. Secara parsial diketahui
bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian helm ltd sport. Secara parsial diketahui bahwa inovasi produk
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian helm ltd
sport. Secara simultan diketahui citra merek dan inovasi produk secara bersamasama
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian helm ltd
sport.