Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan
harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswi faktultas
ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasinya
adalah mahasiswi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Penelitian ini Menggunanakan teknik pengambilan sampel
Nonprobability Sampling dengan penelitian Quota Sampling yang menggunakan
pelanggan pada Cosmetic Wardah yang tidak diketahui atau tidak dapat diukur
jumlahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi
dokumentasi, dan kuesioner. Lalu diuji menggunakan Validitas dan Realibitas.
Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik,
Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R- Square).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara harga terhadap eputusa pembelian, ada pengaruh yang signifikan antara
harga terhadap keputusan pembelian, adanya pengaruh bersama-sama antara
kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswi
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumtera Utara. Nilai R-square
adalah 78,5% yang menunjukkan sekitar 78,5% keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh kualitas produk dan harga. Hal ini menunjukan sekitar 78,5%
keputusan pembelian di pengaruhi oleh kualitas produk dan harga sisanya 21,5%
dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini di proleh nilai dari uji t ada pengaruh kualitas produk
secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswi Fakultas
Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan nilai thitung
8,586>1,984 ttabel dan signifikan t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), ada
pengaruh harga secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswi
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan nilai thitung
12,445 > ttabel 1,984 dan signifikan t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uji
F ada pengaruh antara kualitas produk dan harga secara signifikan dan simultan
terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara dengan nilai F Fhitung 131,386 > Ftabel 3,09 dan
signifikan 0,000 < 0,05.