Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui apakah harga dan kualitas
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk elektronik di toko
Online JD.ID. Populasi dalam penilitian ini adalah Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang
karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi
dokumentasi dan kuesioner lalu di uji menggunakan validitas dan realibitas.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t,
uji f dan koefisien determinasi (R-Squre).
Hasil uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga
terhadap keputusan pembelian, dapat dilihat dari thitung sebesar 2,221 > 1,990
dengan signifikan 0,029 < 0,05. adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas
produk terhadap keputusan pembelian, dilihat dari thitung sebesar 7,110 > ttabel
1,990 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Uji f secara bersama-sama antara harga dan
kualitas produk terhadap keputsan pembelian pada produk elektronik di toko
Online JD.ID diperoleh nilai fhitung 33,908 > ftabel 3,090 yang menunjukkan Ha
diterima (Ho ditolak). Nilai R-Square adalah 41,1% yang menunjukkan sekitar
41,1% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas produk. hal
ini menunjukkan sekitar 41,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga dan
kualitas produk sisanya 58,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.