Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh
harga produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa
ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah kualitas sepeda motor Kawasaki KLX 150 yang
terbilang masih ketinggaalan dibandingkan kualitas pesaingnya,. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas
muhammadiyah sumatera utara yang menggunakan sepeda motor Kawasaki KLX
150. Sampel yang diambil menggunakan tekhnik quota sampling yang dibatasi
100 responden dengan tekhnik pengumpulan data adalah kuesioner (angket).
Berdasarkan hasil analisis dari hasil uji-t dan pengolahan data melalui SPSS
diperoleh nilai ttabel 2.045 dan thitung 9.547 dari kualitas produk (x1) dan
mempunyai angka signifikan sebesar 0,000<0,05 yang berarti 9.547 > 2.045 hal
ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki KLX 150 pada mahasiswa
fakultas ekonomi dan bisnis UMSU. Diperoleh thitung dari x2 sebesar 3.003 yang
memiliki angka signifikan 0,003, yang berarti 3.003>2.045 dan 0,003<0,05 hal ini
menunjukkan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan antara harga produk
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki KLX 150 pada mahasiswa
fakultas ekonomi dan bisnis UMSU. Dengan uji-F dan pengolahan data SPSS
diketahui bahwa Ftabel sebesar 3,35 dan memiliki angka Fhitung 5.955 kemudian
dilihat dari hasil probabilitas signifikan 0,007, yang berarti 5.955>3,35 dan
0,007<0,05 hal ini menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan Kualitas
Produk dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawaski
KLX 150 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU.