Abstract:
Event Organizer telah menjadi bagian yang sangat populer pada program
pemasaran dari banyak perusahaan, karena perusahaan melihat sebagai peluang
promosi yang sangat baik. Perkembangan Event Organizer ini terus mengalami
kemajuan yang pesat dan beberapa perusahaan banyak yang berinovasi dengan
mencampurkan beberapa event. Event Organizer adalah tipe promosi yang sering
digunakan perusahaan atau menjual, membujuk dan menginformasikan sebuah
merek atau jasa pada suatu acara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
penerapan konsep komunikasi pemasaran sebagai pembelajaran dalam
memasarkan produk atau jasa dan kemanfaatan konsep dalam aktifitas
kemasyarakatan, karena pada zaman sekarang orang-orang menggunakan jasa
Event Organizer mulai dari event, acara konser maupun resepsi pernikahan yang
tujuannya untuk membuat perencanaan dan menjalankan acara berjalan dengan
lancar dan terarah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori
Komunikasi Pemasaran. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3
orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling, teknik ini mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep komunikasi pemasaran
pada Event Organizer Nuansa sangat efektif khususnya pada promosi dengan
memanfaatan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dalam
mempromosikan kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal ini untuk mempermudah
dalam menginformasikan kepada masyarakat bahwa kegiatan acara konser musik
yang akan di gelar oleh Event Organizer Nuansa yang letaknya diadakan dipusat
kota, sehingga komunikasi pemasaran word of mouth tercipta dapat memudahkan
tim Event Organizer Nuansa untuk memasarkan produknya. Untuk pemasaran tiket
konser yang akan di jual dengan harga yang terjangkau ke masyarakat medan dan
sekitarnya