Abstract:
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apa penyebab hasil belajar siswa
yang kurang memuaskan di MTs Muhammadiyah 15Medan. Rumus masalah yang
diteliti adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama
islam di MTs Muhammadiyah !5 Medan , apakah terdapat hubungan antara
metode hypnoteacinh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelalajaran
Pendidikan Agama Islam pada kelasa VII MTs Muhammadiyah 15 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan penelitian
korelasional ini masuk kedalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi
penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VII sebanyak 40 orang dan sampel
sebanyak 20 oarang siswa. Penelitian ini dilakukakn menggunakan beberapa
teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, tes,dan dokumentasi. Pengelolaan
penelitian ini menggunakan rumus uji”t”,ujivaliditas serta rumus realibilitas
untuk melihat kontribusi antara variabel x dan variabel y. setelah data terkumpul
lalu dihitung menggunakan teknik uji“t”dengan memperoleh hasil sebagai
berikut, dari hasil koefesien uji “t” dengan tabel nilai “t” pada taraf 5% dan 1%
diperoleh bahwa thitung=0,479 lebih besar dari pada ttabel baik itu taraf 5% (0,080).
Dengan formulasi bandingan yaitu 47,9%.. nilai rata-rata dengan menggunakan
metode hypnoteaching 19,10 dan standar deviasi 17,80, dan nilai rata-rata
dengan menggunakan hasil pembelajaran pendidikan agama islam 47,9. Maka
dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif penggunaan metode
hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam