Abstract:
Pelajaran bahasa Arab masih merupakan sesuatu hal yang dianggap sulit
oleh peserta didik MTs Muhammadiyah 15 Medan, dari masalah-masalah, rumurumus,
maupun penerapannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah ada korelasi penguasaan al-kitabah pada mata pelajaran bahasa Arab
disekolah MTs Muhammadiyah 15 Medan?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen,
subjek penelitian yang yang dikenai adalah siswa MTs Muhammadiyah 15 Medan
yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
interaktif.
Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment
adalah rxy = 0,603 yang berarti korelasi cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif
(Ha): ada hubungan yang signifikan pada penguasaan al-kitabah pada hasil
belajar bahasa Arab siswa MTs Muhammadiyah 15 Medan diterima. Presentase
kenaikan nilai adalah 82,5% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik.
Kesimpulan ada hubungan yang signifikan pada penguasaan al-kitabah pada
hasil belajar bahasa Arab siswa MTs Muhammadiyah 15 Medan