Abstract:
Penelitian ini dibuat karena rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya
pemahaman terhadap materi pelajaran, terutama di bidang Fiqih. Rumusan masalah yang diteliti
adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode simulasi berbantu media audio visual terhadap
hasil belajar dan pemahaman peseta didik pada mata pelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh penggunaan metode simulasi berbantu media audio visual terhadap hasil
belajar dan pemahaman peseta didik pada mata pelajaran fiqih.
Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dimana metode
eksperimen ini adalah metode yang cara penyajiannya peserta didik melakukan percobaan dengan
mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang akan atau ingin dipelajari. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII-2 dan VII-3 SMP IT Ibnu Halim. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, tes dan juga dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
data kuantitatif yang telah dihitung dengan rumus.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan.
Sebelum dilakukan penggunaan metode simulasi berbantu media audio visual pada mata pelajaran
fiqih 57,5% dan setelah dilakukan penggunaan metode simulasi berbantu media audio visual pada
mata pelajaran fiqih 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan penggunaan metode
simulasi berbantu media audio visual pada mata pelajaran fiqih di SMP IT Ibnu Halim mengalami
peningkatan