Abstract:
Citra merek dan kepuasan pelanggan merupakan hal penting yang dapat
mempengaruhi loyalitas pelanggan, semakin tinggi citra merek yang dimiliki
dan kepuasan pelanggan yang dirasakan akan meningkatkan loyalitas pelanggan
menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan serta apakah ada pengaruh secara
bersama-sama antara citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan konsumen kosmetik Wardah pada mahasiswa UMSU. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UMSU yang berjumlah 100responden.
Sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling.Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Citra Merek
berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan variable Kepuasan
Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan
uji secara simultan variable Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh
signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.