Abstract:
Kinerja merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan
suatu organisasi, apabila kinerja karyawan stabil dan meningkat maka suatu
organisasi akan mudah mencapai tujuannya. Adapun yang menjadi tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan
terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indoneisa (Persero) Medan, untuk mengetahui
dan menganalisis kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos
Indonesia (Persero) Medan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia
Persero Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pos Indonesia Persero
Medan yang berjumlah 76 karyawan. Jumlah sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 76 karyawan yang diperoleh dengan menggunakan teknik
Probability Sampling yaitu seluruh populasi diambil dijadikan sebagai sampel
dalam peneliti.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara,
dokumentasi, dan penyebaran angket/kuisioner. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda (uji asumsi
klasik), dan uji Hipotesis (Uji t, Uji f, dan koefisien determinasi). Pengolahan data
dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for
the Social Sciens)22.0 for windows
Hasil penelitian dengan uji t yaitu thitung 962 > 1,666 ttabel maka H0 ditolak,
sehingga ada pengaruh signifikan antara variable kepemimpinan terhadap kinerja
karyawan dan thitung 542 < 1,666 ttabel maka H0 diterima sehingga ada pengaruh
signifikan antara variable kepuasan terhadap kinerja karyawan.