Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak di
RA Raudhatul Jannah Stabat Kabupaten Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media pembelajaran modern di RA
Raudhatul Jannah Stabat Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilakukan di RA Rauhatul
Jannah Stabat Kabupaten Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA
Raudhatul Jannah Stabat yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 5 anak lakilaki
dan 10 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri
dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar
observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif
sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui media pembelajaran
modern dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Peningkatan tersebut dapat
dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan
setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH
maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan berhitung anak yaitu pada pra
siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan
pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran modern dapat
meningkatkan kemampuan berhitung anak di RA Raudhatul Jannah Stabat Kabupaten
Langkat.