Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kompetensi guru
dalam melaksanakan tugas dan profesi sebagai tenaga pengajar pada lingkup
organisasi sekolah. Melihat fakta di lapangan, beberapa profesi guru masih belum
memiliki kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa hasil data
mengenai kompetensi dan kapabilitas pengajar tergolong masih rendah. Seorang
guru yang memiliki kompetensi dalam profesinya akan dapat melaksanakan
tugas-tugasnya dengan baik serta efisien, efektif, tepat waktu, dan sesuai dengan
sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat
kompetensi guru sebagai pengajar di sekolah. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif
kuantitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui pengisian
angket oleh responden siswa, sedangkan data sekunder bersumber dari data SMK
Swasta Gema Buwana Sei Rotan, dokumen-dokumen, dan peraturan-peraturan
yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Kompetensi Guru di SMK
Swasta Gema Buwana Sei Rotan diukur dengan melihat 4 (empat) dimensi
kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, dan kompetensi profesional. Dari perhitungan seluruh indikator, hasil
penelitian menunjukkan bahwa seluruh kompetensi guru memiliki nilai rata-rata
yang bias dikatakan baik. Namun disamping itu, meskipun seluruh kompetensi
sudah dikatakan baik, masih ada yang perlu diperbaiki, baik dari kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, maupun kompetensi
profesional, dalam rangka sesuai dengan apa yang diharapkan.