Abstract:
PT.PLN (Persero) UIP3BS UPT Medan, yang dimana UIP3BS ini adalah Unit
Induk Pengatur Beban Sumatera, dan UPT adalah Unit Pelaksana Transmisi,
perusahaan yang berjalan dibidang Ketenagalistrikan dan Kementrian Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Jalan Listrik, No.12, Petisah
Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kinerja sangat penting bagi
perusahaan agar tercapainya tujuan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki
berbeda-beda kebijakannya. PT.PLN (Persero) UIP3BS UPT Medan memiliki
kebijakan penilaian kinerja kerja pegawainya setiap 6 bulan sekali atau satu
semesternya, Seperti yang diketahui bahwasanya penilaian pasti mengalami
peningkatan atau bahkan menurun. Maka dari itu peran seorang pimpinan sangat
dibutuhkan di perusahaan ini agar bisa mendorong dan memacu pegawai agar bisa
lebih meningkatkan kinerja pegawai, dan bagaimana komunikasi interpersonal
pimpinan dalam meningkatkan kinerja kerja pegawai PT.PLN (Persero) UIP3BS
UPT Medan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimanakah komunikasi interpersonal pimpinan dalam meningkatkan kinerja
kerja pegawai PT.PLN (Persero) UIP3BS UPT Medan. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal, karena teori ini dinilai
paling ampuh dalam kegiatan mengubah sikap, kepercayaan, opini dan perilaku
komunikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana
sumber data yaitu wawancara dan observasi dengan 5 informan pegawai PT.PLN
(Persero) UIP3BS UPT Medan, dan 1 informan sebagai manager bidang sumber
daya manusia. Setelah melakukan penelitian adapun hasilnya adalah bahwasanya
komunikasi interpersonal pimpinan sudah berjalan sangat baik dan mudah
dimengerti oleh seluruh pegawai, dan menggunakan pola komunikasi dua arah,
yang dimana komunikasi bisa dilakukan secara tatap muka atau menggunakan
media dan menunjukkan dari pihak komunikan dapat melakukan umpan balik
kepada komunikator.