Abstract:
Penelitan dengan judul Strategi Komunikasi Pemasaran Roti Kacang Rajawali
Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Di Kota Tebing Tinggi (Studi Deskriptif
Pada UD. Arum Manis) ini dilakukan untuk menjawab permasalahan dalam
penelitian yaitu bagaiman strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Roti
Kacang Cap Rajawali agar tetap mempertahankan eksistensi dalam menghadapi
persaingan bisnis di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Adapun tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan Roti Kacang Cap Rajawali dapat menghadapi persaingan bisnis di Kota
Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah data model Miles dan Huberman.
Menurut mereka, analisis data kualitatif adalah mereduksi data, menyajikan data,
dan menarik kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah staff dan
pengunjung Roti Kacang Rajawali Jalan KF. Tandean No.32, Kelurahan Badak
Bejuang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara.
Adapun hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis adalah terdapat strategi
komunikasi pemasaran terhadap persaingan bisnis selalu mendapatkan hasil yang
memuaskan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa dari aspek kepuasan
pelanggan, mereka masih membutuhkan adanya banyak promo baik untuk
pelanggan biasa maupun para reseller. Keberhasilan strategi komunikasi
pemasaran Roti Kacang Rajawali yaitu tetap terus memberikan pelayanan yang
baik, selalu memberikan informasi terbaru melalui sosial median berupa
Instagram serta tetap menjaga cita rasa yang khas.