Abstract:
Penelitian ini bertujuan Untuk menguji dan menganalisis pengaruh
Akuntabilitas, kompetensi, system informasi terhadap Kinerja sekolah di
Sekolah Menengah Pertama Binjai. Jenis penelitian yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah menggunakan Pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 30 Sekolah Menengah Pertama Swasta di kota Binjai.
Populasi yang digunakan adalah seluruh SMP Swasta di kota binjai dengan
responden Kepala Sekolah dan Bendahara berjumlah 60 responden. Jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 sekolah dengan jumlah responden 30
di kali 2 maka jumlah responden keseluruhannya yaitu 60. Penelitian ini
variabel independen yang diteliti adalah Akuntabilitas, Kompetensi dan Sistem
Informasi Akuntansi Keuangan. Dalam penelitian ini variabel independen yang
diteliti adalah Kinerja Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
peneliti menggunakan dua cara yaitu penelitian pustaka dan penelitian
lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisa deskriptif, uji prasyarat analisa, analisis regresi berganda,uji hipotesis
ujiT dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel
akuntabilitas diperoleh nilai t hitung sebesar 5,656 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi
mempunyai nilai positif sebesar 0,298; maka penelitian ini berhasil
membuktikan hipotesis pertama yang menyatakan bahwa “ akuntabilitas
berpengaruh signifikan terhadap kinerja sekolah SMPS Kota Binjai”.
Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja sekolah SMPS Kota Binjai. Hal ini
dibuktikan dari nilai t hitung dengan nilai signifikansi lebih kecil dari batas
signifikan, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif. System informasi
akuntansi berpengaruh terhadap kinerja sekolah SMPS Kota Binjai. Hal ini
dibuktikan dari nilai t hitung dengan nilai signifikansi lebih kecil dari batas
signifikan, dan koefisien regresi mempunyai nilai positif