Abstract:
Tujuan dalam penelitian adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan Media
Posterpada mata pelajaran Fiqih di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. Hasil belajar
dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih di SMP Islam
Terpadu Ibu Halim. Perbandingan hasil belajar siswa siswa dengan menggunakan
Media Poster dan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih di SMP
Islam Terpadu Ibnu Halim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kunatitatif studi
perbandingan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperolah dari
analisis data, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu:Hasil belajar Fiqih siswa pada
pokok bahasan Munakahat yang diajarkan dengan menggunakan Media Poster memiliki
rata-rata 90,92 dan yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual memiliki
rata-rata 82,74.Secara statistik dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa hasil
belajar fiqih siswa dengan menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan
menggunakan media audio visual pada pokok bahasan Munakahat dikelas VIISMP IT
Ibnu Hali T.P 2020/2021, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung>
ttabel yaitu 3,938 > 1,996, ini artinya ada perbedaan penerapan media poster dengan
penerapan moedia audio visual.