Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodelogi penelitian
Library Research, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
creative problem solving terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil dari penelitian
dengan merujuk pada jurnal dan artikel yang relevan, mengatakan bahwa dapat
meningkatkan hasil belajar siswa di Seluruh Satuan Pendidikan . Penggunaan
model pembelajaran Creative Problem Solving dalam proses belajar mengajar
dapat membangkitkan daya tarik, merangsang pengembangan kemampuan
berfikir siswa secara kreatif, rasional, logis, dan minat ataupun motivasi kegiatan
belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, selain itu
penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat membantu
siswa mempermudah pemahaman terhadap materi pelajaran. Keunggulan
penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving sebagai model
pembelajaran membuat proses pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif dengan
proses belajar siswa menjadi lebih interaktif, kondusif, dan semangat siswa dalam
belajar meningkat sehingga kualitas belajar siswa meningkat dengan baik.