Abstract:
Kallia Coffee merupakan salah satu coffeeshop yang memiliki konsep
berbeda dari coffeeshop lainnya, dimana konsep Kallia Coffee yang berbentuk
aesthetic dan bernuansa fashionable, yang banyak diminati oleh kalangan anak
muda khususnya di Kota Medan. Serta tempat yang Instragramable dan memiliki
banyak spot objek foto yang bisa dijadikan sebagai tempat berswafoto para anak
muda khususnya di kota Medan. Termasuk pembahasan terkait dengan proses
branding Kallia Coffee dalam menghadapi persaingan bisnis merupakan hal yang
menarik. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Kallia Coffee di Kota Medan.
Penelitian dengan judul “Proses Branding Kallia Coffee dalam Menghadapi
Persaingan Bisnis”, memiliki rumusan masalah Bagaimana strategi Kallia Coffee
dalam menghadapi persaingan bisnis di era sekarang ini. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana proses branding dan strategi bisnis Kallia
Coffee dalam menjalankan usahanya. Teori-teori yang digunakan adalah teori
komunikasi, Unsur-unsur Komunikasi, proses Komunikasi, Teori Komunikasi
Visual, Film Kallia Journey, Prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual, Maksud
dan Tujuan Khusus dari Desain Komunikasi Visual, Teori Sosial Ferdinand
Tonnies dan Karl Marx, Proses,Digital Marketing, Branding, Manfaat Brand,
Proses Branding, Persaingan Bisnis. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah
deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses
wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil
pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap
penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 1 (satu)
orang narasumber terdiri dari Owner dari Kallia Coffee dengan mengajukan 15
(lima belas) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian yang
dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan
bahwa Persaingan Bisnis dalam dunia usaha coffeeshop tergantung dengan adanya
konsep, desain tempat serta pelayanan yang dihadirkan hingga menarik untuk
peminat serta pengunjung yang datang dan di dapati bahwa konsep aesthetic serta
fashionable sangat diminati oleh pengunjung selain daripada program dan
pelayanan yang dihadirkan oleh pihak coffeeshop serta juga media promosi
dengan menggunakan cara membuat film Kallia Journey terbukti sangat menarik
untuk pengunjung dan memudahkan masyarakat untuk mengenal Kallia Coffee.