Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh PT. Smart Techtex, untuk mengetahui faktor-faktor harus di
perhatikan dalam meningkatkan minat konsumen, untuk mengetahui pengaruh
komunikasi pemasaran terhadap minat konsumen. Pada PT. Smart Techtex. Hasil
penelitian menunjukkan hasil variable X (Komunikasi Pemasaran) diperoleh thitung
sebesar 6,027 dengan signifikan 0,000 atau 0,000 < 0,05 maka diperoleh ttabel
dengan df 48 sebesar 2,011. Maka diperoleh thitung > ttabel (6,027 > 2,011). Maka
dapat dinyatakan bahwa komunikasi pemasaran (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap minat konsumen masyarakat di PT. Smart Techtex. Berdasarkan uji r
square diketahui bahwa besarnya pengaruh antara Komunikasi Pemasaran dengan
minat konsumen adalah 0,79 atau 7,9% dan sisanya 92,1% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Komunikasi Pemasaran
sebesar 0,157 (bertanda positif) menyatakan bahwa setiap penurunan Komunikasi
Pemasaran sebesar Rp. 1 maka minat konsumen akan meningkat sebesar Rp.
0,157. Artinya Promosi Pemasaran mempunyai pengaruh yang positif dengan
minat konsumen. Maka ini berarti meningkatnya komunikasi pemasaran pada
sebuah perusahaan maka akan meningkatkan minat konsumen perusahaan
tersebut.