Abstract:
Branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari
semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau
kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Branding dianggap penting guna sebagai pembeda produk yang di produksi
dengan produk lain dan juga merupakan strategi pemasaran dalam bidang
marketing. Serayu kopi adalah salah satu kafe yang menjadikan kopi gayo sebagai
salah satu menu andalan kopinya. Kopi Gayo adalah salah satu kopi Indonesia
yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo yang tepatnya terletak di Aceh Tengah.
Serayu kopi memulai usahanya pada tanggal 16 april 2010 dengan menyewa dua
unit ruko di jalan setia budi. Serayu kopi mulai tumbuh menjadi kafe pertama
yang menawarkan kopi gayo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah untuk menegetahui agaimana branding serayu kopi dalam menghadapi
persaingan di kota mdan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan
mengusung teori branding sebagai teori utamanya. Adapun hasil dari penelitian
ini adalah dalam menghadapi persaingan serayu kopi menawarkan promo serta
melakukan branding melalui sosial media, juga menawarkan fasilitas berupa
lingkungan yang nyaman, mewah serta jauh dari kebisingan dengan harga yang
mampu mencakup semua golongan.