Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Islamiyyah Suluh Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Fadli, Hayatul
dc.date.accessioned 2021-06-07T08:05:51Z
dc.date.available 2021-06-07T08:05:51Z
dc.date.issued 2021-05-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15157
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dimana siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual sedangkan kelompok kontrol tidak.. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas IX untuk kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IX 1 untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive, instrument yang dipakai dalam 2 penelitian berupa tes berbentuk pilihan pengumpulan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian yang diperoleh adah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat diterapkan model pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyyah Suluh Medan. Hal ini dapat dilihat dari tabel distribusi nilai ttabel dengan tingkat kebebasan (df) adalah 48 pada tingkat signifikan 5% adalah 1,67, sedangkan nilai thitung adalah 7,1. Hasil perhitungan menujunjukkan bahwa nilai thitung lebih tinggi dari ttabel ((thitung > ttabel) : 7,1 > 1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, dengan hipotesis berbuni “ Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Audio Visual pada mata pelajaran fikih materi jual beli di di MTs Islamiyyah Suluh Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Explicit Instruction en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Fiqih en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Islamiyyah Suluh Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account