Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
explicit instruction berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran fiqih. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dimana siswa dibagi
menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran model
pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual sedangkan
kelompok kontrol tidak.. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas IX
untuk kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IX
1
untuk kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel yaitu sampling purposive, instrument yang dipakai dalam
2
penelitian berupa tes berbentuk pilihan pengumpulan berganda yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian yang diperoleh adah
adanya peningkatan hasil belajar siswa pada saat diterapkan model
pembelajaran explicit instruction berbantu media audio visual pada mata
pelajaran fiqih di MTs Islamiyyah Suluh Medan. Hal ini dapat dilihat dari
tabel distribusi nilai ttabel dengan tingkat kebebasan (df) adalah 48 pada
tingkat signifikan 5% adalah 1,67, sedangkan nilai thitung adalah 7,1. Hasil
perhitungan menujunjukkan bahwa nilai thitung lebih tinggi dari ttabel ((thitung >
ttabel) : 7,1 > 1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho
ditolak, dengan hipotesis berbuni “ Terdapat pengaruh yang signifikan antara
hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Explicit
Instruction Berbantu Media Audio Visual pada mata pelajaran fikih materi
jual beli di di MTs Islamiyyah Suluh Medan.