dc.description.abstract |
Kemampuanaberpikirakritisadan motivasiabelajar siswaamasiharendah, sehingga
diperlukanaupaya untukameningkatkannya. Salahasatunya denganamenerapkan
model DL danaPBL berbantuanaGeogebra. Penelitianaini bertujuanauntuk
mengetahuiadan menganalisisaperbedaan pengaruhapenerapan modelaDL danamodel
PBLaberbantuan Geogebraauntuk meningkatkanakemampuan berpikirakritis dan
motivasi belajar siswa, hal ini disebabkan karena kemampuan berpikir kritis dan
motivasiabelajar siswa masih tergolong rendah Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian eksperimen yang diterapkan pada dua kelas dengan model DL dan
PBL yang masing-masing berbantuan Geogebra. Hasilapenelitian
dianalisisamenggunakan analisis deskriptif danainferensial. Berdasarkanahasil
analisis deskriptifadiperoleh rata-rata kemampuan berpikirakritis kelasaeksperimen 1
adalah 82,00 dan kelasaeksperimen 2 adalah 84,64 lebih besar dari KKM yang
ditetapkan yaitu 70, dan rata-rata motivasi belajar kelasaeksperimen 1 adalah 123,06
sedangkan untuk kelasaeksperimen 2 rata-ratanya adalah 121,31 meningkat dari rata rata motivasiabelajar siswa di awal. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua model
pembelajaran yaitu DL dan PBL berbantuan Geogebra sama-samaamemberikan
pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan berpikirakritis dan motivasiabelajar
siswa. Akan tetapi tidak terdapataperbedaan pengaruh dari penerapan kedua
modelapembelajaran. Dari analisis data juga dapat disimpulkan bahwa terdapat
interaksi antaraaKAM dan model DL berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan
berpikirakritis, juga terdapat interaksi antara KAM dan model PBL berbantuan
GoeGebra terhadap peningkatan motivasiabelajar siswa. |
en_US |