Research Repository

PERBEDAANAPENGARUHAPENERAPANAMODELAPEMBELAJARAN DISCOVERYALEARNINGADANAPROBLEMABASEDALEARNING BERBANTUANAGEOGEBRAAUNTUKAMENINGKATKAN KEMAMPUANABERPIKIR KRITISADAN AMOTIVASIABELAJARASISWA

Show simple item record

dc.contributor.author SUBAGIO, LILIK
dc.date.accessioned 2021-06-04T01:53:35Z
dc.date.available 2021-06-04T01:53:35Z
dc.date.issued 2021-03-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15137
dc.description.abstract Kemampuanaberpikirakritisadan motivasiabelajar siswaamasiharendah, sehingga diperlukanaupaya untukameningkatkannya. Salahasatunya denganamenerapkan model DL danaPBL berbantuanaGeogebra. Penelitianaini bertujuanauntuk mengetahuiadan menganalisisaperbedaan pengaruhapenerapan modelaDL danamodel PBLaberbantuan Geogebraauntuk meningkatkanakemampuan berpikirakritis dan motivasi belajar siswa, hal ini disebabkan karena kemampuan berpikir kritis dan motivasiabelajar siswa masih tergolong rendah Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang diterapkan pada dua kelas dengan model DL dan PBL yang masing-masing berbantuan Geogebra. Hasilapenelitian dianalisisamenggunakan analisis deskriptif danainferensial. Berdasarkanahasil analisis deskriptifadiperoleh rata-rata kemampuan berpikirakritis kelasaeksperimen 1 adalah 82,00 dan kelasaeksperimen 2 adalah 84,64 lebih besar dari KKM yang ditetapkan yaitu 70, dan rata-rata motivasi belajar kelasaeksperimen 1 adalah 123,06 sedangkan untuk kelasaeksperimen 2 rata-ratanya adalah 121,31 meningkat dari rata rata motivasiabelajar siswa di awal. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran yaitu DL dan PBL berbantuan Geogebra sama-samaamemberikan pengaruh positif dalam peningkatan kemampuan berpikirakritis dan motivasiabelajar siswa. Akan tetapi tidak terdapataperbedaan pengaruh dari penerapan kedua modelapembelajaran. Dari analisis data juga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antaraaKAM dan model DL berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan berpikirakritis, juga terdapat interaksi antara KAM dan model PBL berbantuan GoeGebra terhadap peningkatan motivasiabelajar siswa. en_US
dc.subject DL. PBL, Geogebra, en_US
dc.subject Berpikirakritis en_US
dc.subject MotivasiaBelajar en_US
dc.title PERBEDAANAPENGARUHAPENERAPANAMODELAPEMBELAJARAN DISCOVERYALEARNINGADANAPROBLEMABASEDALEARNING BERBANTUANAGEOGEBRAAUNTUKAMENINGKATKAN KEMAMPUANABERPIKIR KRITISADAN AMOTIVASIABELAJARASISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account