Abstract:
Keputusan Pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan
pembelian dimana konsumen benar-benar akan membeli. Kualitas Produk adalah
kemampuan suatu barang untuk memberikan hasil / kinerja yang sesuai atau
melebihi dari apa yang diinginkan konsumen. Desain Produk adalah Totalitas fitur
yang mempengaruhi penampilan, rasa dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan
pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian smartphone
Iphone pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muhammadiyah sumatera
utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode kuota sampling, dengan
sample 50 orang pengguna smartphone Iphone. Populasi dalam penelitian ini
adalah pengguna smartphone Iphone 6S pada mahasiswa fakultas ekonomi
universitas muhammadiyah sumatera utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan kuesioner untuk
memperoleh data.
Pada uji hipotesis secara serempak (Uji F) variabel kualitas produk dan
desain produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Pada uji hipotesis parsial (Uji t) variabel kualitas produk mempunyai
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, variabel desain
produk tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hasil pengujian Adjusted R Square (R2) menunjukkan nilainya
sebesar 0,405. Artinya variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar
41% oleh variabel kualitas produk dan desain produk, sementara sisanya 59%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini