Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan serta pengawasan
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAS Binaul Iman. Dan juga
bertujuan untuk memaparkan upaya dan solusi yang dilakukan dalam
meningkatkan mutu pendidikan di MAS Binaul Iman Pematangsiantar.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode kualitatif (qualitative research). Dan dalam penelitian ini
sumber data didapat dari kepala sekolah, guru, dan seluruh civitas akademika di
MAS Binaul Iman Pematangsiantar. Dan prosedur serta teknik pengumpulan data
juga dilakukan dengan melakukan wawancara (interview) untuk mendapatkan
data dan informasi secara lisan atau perkataan (verbal), observation atau
pengamatan untuk mendapatkan pemahaman atas tindakan, serta sikap yang
terjadi, dan menggunakan dokumentasi dalam menemukan dan mengumpulkan
data melalui fhoto, dokumentasi maupun rekaman.
Hasil penelitian ini menggambarkan dan menunjukkan bahwa teknik serta pola
kepala sekolah dalam membina dan mengawas sistem pembelajaran di sekolah ini
sangatlah membantu dan dapat meningkatkan serta memotivasi kinerja guru.
Selain pola tersebut juga kepala sekolah telah cukup maksimal dalam membantu
penyelengaraan proses pembelajaran di sekolah ini, baik dalam segi prasarana
maupun kompetensi tenaga pendidik. Pembinaan kepala sekolah juga
menunjukkan hasil yang sangat signifikan, hal ini dikarenakan kepala sekolah
juga berhasil memberikan bimbingan akademik dan non akademik kepada guru
sehingga kompetensi guru sangat maksimal dan relevan. Dan evaluasi kepala
sekolah juga menunjukkan hasil yang menggambarkan meningkatnya kinerja guru
di MAS Binaul Iman.