Abstract:
Penelitian ini dibuat karena kseaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
Aqidah Akhlak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
bagaimana Penggunaan Strategi Learning Start With A Question, keaktifan
belajar siswa, serta apakah strategi learning start with a wuestion berpengaruh
dalam keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs
Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan
data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi.Pengolahan analisis data
menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, strategi learning start with a question
dikategorikan “Baik” dengan persentase 69% dan kekatifan belajar siswa
dikategorikan “Baik” dengan persentase 61%, dan hasil rumus product moment
pada taraf signifikasi 5% diperoleh nilai rxy = 0,473 lebih besar daripada nilai
rtabel= 0,344 dengan formulasi perbandingan yaitu (0,473 ≥ 0,344). Maka dapat
disimpulkan terdapat pengaruh positif antara strategi learning start with a
question dalam keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di
MTs Muhammadiyah 15 Medan.