Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung antara
kepemimpinan visioner terhadap efektivitas pada Prodi Pendidikan Matematika
FKIP UMSU. Untuk mengetahui pengaruh secara langsung antara budaya
akademik terhadap efektivitas pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU.
Untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung antara kepemimpinan visioner
terhadap efektivitas pada Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU dengan
kinerja dosen sebagai variabel intervening. Untuk mengetahui pengaruh secara
tidak langsung antara budaya akademik terhadap efektivitas Prodi Pendidikan
Matematika FKIP UMSU dengan kinerja dosen sebagai variabel intervening.
Untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap efektivitas pada Prodi
Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 42
responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner
berpengaruh positif secara langsung terhadap efektivitas diperoleh hasil pengujian
individual kepemimpinan visioner menunjukkan nilai unstandardized coefficients
beta sebesar -0,401 dan menunjukkan nilai sig = 0,002<0,005 maka H diterima.
Budaya akademik berpengaruh secara langsung terhadap efektivitas diperoleh
hasil pengujian individual budaya akademik menunjukkan nilai unstandardized
coefficients beta sebesar 0,324 dan nilai sig = 0,003<0,005 maka H diterima.
Pengaruh tidak langsung kepemimpinan visioner terhadap efektivitas melalui
kinerja dosen sebesar -0,371>-0,401 dengan demikian H diterima. Pengaruh
tidak langsung budaya akademik terhadap efektivitas melalui kinerja dosen
sebesar 0,219<0,324 dengan demikian H ditolak. Kinerja dosen berpengaruh
secara langsung terhadap efektivitas dari hasil pengujian individual menunjukkan
nilai unstandardized coefficients beta sebesar 0,551 dan menunjukkan nilai sig =
0,000<0,005 maka H diterima.