Abstract:
Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang mempunai efek
besar dalam hal mempengaruhi orang lain terutama perindividu. Hal ini
disebabkan, biasanya pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi bertemu secara
langsung, tidak menggunakan media dalam penyampaian pesannya sehinnga tidak
ada jarak yang memisahkan antara komunikator dengan komunikan (face to face).
Oleh karena itu, saling berhadapan muka, maka masing-masing pihak langsung
mengetahui respon yang diberikan, serta mengurangi tingkat ketidak jujuran
ketika sedang terjadi komunikasi. Sedangkan apabila komunikasi interpersonal itu
terjadi secara sekunder, sehingga antara komunikator dan komunikan terhubung
melalui media, efek komunikasi sangat dipengaruhi oleh karakterisktik
interpersonalnya. Misalnya dua orang saling berkomunikasi melalui media telepon
seluler, maka efek komunikasi tidak semata-mata dipengaruhi oleh kualitas pesan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi Tatap
Muka Caddy dengan Pemain Golf untuk Menarik Minat Pelanggan di Graha
Metropolitan Medan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi tatap muka
atau teori interpersonal, efektivitas komunikasi. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data ini diperoleh
melalui teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi
untuk mendapatkan data. Informan dari penelitian ini sebanyak 5 orang. Dari hasil
penelitian tersebut diketahui bahwa efektivitas komunikasi caddy di Graha
Metropolitan Medan dilakukan dengan cara tatap muka atau langsung sehingga
dapat melihat respon balik dari pada pelanggan.