Abstract:
Katsudoto merupakan jasa e – invitation yang mendesain undangan digital
pernikahan yang hiingga saat penelitian ini dilakukan sudah memiliki jumlah
pengikut sebanyak lebih dari 34 ribu pengguna Instagram. Hal tersebut
merupakan suatu pencapaian yang besar karena jumlah pengikut Instagram adalah
salah satu pertimbangan calon konsumen dalam memutuskan pembelian sesuatu
pada suatu akun bisnis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana aktifitas promosi Katsudoto dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Penelitian ini menggunakan teori strategi komukasi pemasaran oleh Kotler, Keller
dan Kotler, Amstrong. Selain itu juga ada teori pengambilan keputusan strategi
komunikasi pemasaran oleh Morissan. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu hasil
wawancara dengan Muhammad Fanny Al – Farizzy yang merupakan owner dari
Katsudoto dan Cindy Geoffrey Jonanca yang merupakan co – owner serta sumber
data sekundernya yaitu berupa dokumen Katsudoto yang meliputi data jumlah
penjualan dan data audience iklan. Penelitian ini menemukan bahwa Katsudoto
menggunakan iklan sebagai aktifitas promosi serta sebagai media pemasarannya,
yang mana iklan tersebut adalah Instagram Ads. Penelitian ini juga menemukan
bahwa pengambilan keputusan berdasarkan segmentasi yang terbagi atas
segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis,
kemudian targeting yaitu anak muda perempuan Indonesia yang bekerja serta
berada pada kalangan ekonomi menengah keatas, dan positioning undangan
merupakan eksklusif dan mewah. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa
iklan produk Instagram Ads yang dilakukan Katsudoto mampu meningkatkan
jumlah konsumen, dimana pemesanan terbanyak untuk bulan agustus 2020
sampai september 2020 berasal dari lima kota teratas penonton iklan Katsudoto,
yaitu DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Sumatera
Selatan. Selain itu, Katsudoto juga terus mengalami peningkatan orderan sejak
bulan Mei hingga September.