Abstract:
Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah, respon penjual yang
terkadang cukup lama, ada beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan
para pembeli, untuk promo gratis ongkir diberi syarat atau ketentuan yang cukup
merepotkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada marketplace
Shopee, untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian pada marketplace Shopee.Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian eksplanatori, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan
sebab akibat antara variabel penelitian dan hipotesis pengujian. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Teknik penentuan
jumlah sampel yang diambil sebagai responden pada penelitian ini yaitu dengan
menggunakan rumus Slovin dengan hasil 100 responden yang menjadi sampel.
Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini menggunakan angket atau
kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Uji asumsi
klasik, uji t, uji f, dan koefesien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan
variabel kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian.Berdasarkan uji secara simultan variabel harga dan kualitas Pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian`