Research Repository

PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL PBL DAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MULTIMEDIA KOMPUTER DI MTs AL-WASHLIYAH 28 SERGAI

Show simple item record

dc.contributor.author Syafrizal, Agus
dc.date.accessioned 2020-03-02T06:50:16Z
dc.date.available 2020-03-02T06:50:16Z
dc.date.issued 2019-08-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1497
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara kemampuan penalaran siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (2) Apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan dengan model pembelajaran Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (3) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran siswa, (4) Apakah ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perbandingan dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan multimedia komputer (Kelas Eksperimen I) dan pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer (Kelas Eksperimen II). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Washliyah 28 Sergai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) tes kemampuan awal, (2) tes kemampuan penalaran matematis, (3) angket aktivitas belajar, dan (4) tes prestasi. Istrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (Anova) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia komputer dan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Group Investigation berbantuan multimedia komputer, (3) Adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran siswa, (4) Adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap aktivitas belajar siswa. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Model Pembelajaran Group Investigation en_US
dc.subject Kemampuan Penalaran Matematis en_US
dc.subject Aktivitas Belajar Siswa en_US
dc.title PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MODEL PBL DAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MULTIMEDIA KOMPUTER DI MTs AL-WASHLIYAH 28 SERGAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account