Abstract:
Tanpa adanya minat segala kegiatan yang dilakukan akan kurang efektif
dan kurang efisien. Sehingga minat merupakan salah satu target yang penting
dalam pencapaian sebuah kegiatan promosi. Sehingga dalam kegiatan proses
promosi ini yang harus dicapai adalah bukan sekedar penjualan dari sebuah image
atau pembentukan sebuah image lagi, tetapi target yang harus dicapai adalah
minat konsumen untuk mempercayai menggunakan pos express di PT Pos
Indonesia (Persero).
Sesuai dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian, maka tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan terhadap minat konsumen PT. Pos Indonesia Medan. Untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh Fasilitas terhadap minat konsumen pada
PT. Pos Indonesia Medan. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan Fasilitas terhadap minat konsumen PT. Pos Indonesia Medan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi kualitas pelayanan
terhadap Kepuasan pelanggan berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel
(2,323 > 1,98447) (Sig 0.022 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak.
kesimpulannya : ada pengaruh signifikan Kualitas pelayanan terhadap minat
konsumen pada PT. Pos Indonesia. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai
signifikansi fasilitas berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (6,851<
1,98447) (Sig 0.000 < α0.05). dengan demikian H0 ditolak. kesimpulannya : ada
pengaruh signifikan fasilitas terhadap minat konsumen pada PT. Pos Indonesia.
Berdasarkan hasil uji F diatas diperoleh df1=97 dan df2==2 sehingga diperoleh
hasil sebagai berikut nilai Fhitung > Ftabel sebesar (24,342 > 3.09) (Sig. 0.000 <
α0.05), dengan demikian H0 ditolak . kesimpulannya : ada pengaruh signifikan
pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap minat konsumen pada PT. Pos
Indonesia.