Abstract:
Seorang Area Head Security yang dalam struktur organisasi ada di level manajer,
berperan memberikan masukan kepada pelanggan dalam kebijakan pengamanan
dilokasi yang menjadi tanggung jawabnya. Masalah yang muncul harus mampu
diselesaikan dengan memberi solusi yang dianggap paling cocok untuk
penanganan suatu masalah. Persoalan dalam memberikan pelayanan kepada
pelanggan yang terkadang tidak berjalan sesuai dengan keinginan pelanggan,
pencitraan terhadap image perusahaan harus dikembalikan agar kepercayaan tetap
terjaga, menjadikan strategi komunikasi sangat dibutuhkan dalam menghadapi
keluhan pelanggan tersebut, apalagi adanya perjanjian kontrak kerjasasama yang
harus dijalankan dan selalu diiringi dengan harapan kerjasama jangka panjang,
maka jalinan komunikasi antara Area Head Security dan Pelanggan harus selalu
terjalin erat dan saling menguntungkan, agar perjalanan kerjasama dapat
berlangsung lama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaiamana strategi
komunikasi Area Head Security PT. ISS Facility Service dalam meningkatkan
pelayanan terhadap pelanggan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode
penelitian deskriftif kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam,
observasi di lokasi serta melakukan triangulasi sumber data terhadap informasi
yang disampaikan informan dan memberikan gambaran operasionalisasi dari
konsep strategi komunikasi, serta melakukan analisa dengan metode konstruktivis.
Pendekatan komunikasi yang dilakukan kepada pelanggan melalui pendekatan
komunikasi persuasif.
Dari hasil penelitian diketahui strategi komunikasi yang dilakukan Area Head
Security melalui pendekatan persuasif dengan melakukan kunjungan rutin serta
sering berhubungan melalui telepon pelanggan merasa dekat serta timbul
kepuasan sesuai dengan yang diharapkan sehingga kontrak diperpanjang dan
adanya penambahan lokasi kerja bagi PT. ISS Facility Service di bawah
manajemen Efarina.