Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media
Pembelajaran Internet terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK
Sinar Husni Medan T.P 2019/2020. Masalah dalam penelitian ini adalah
rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Sinar Husni
Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Sinar Husni Medan T.P 2019/2020,
Total populasi adalah 67 siswa dan sampel dalam penelitian ini ialah seluruh
siswa-siswi kelas X Akuntansi SMK Sinar Husni Medan T.P 2019/2020, yaitu
sebanyak 67 siswa, sedangkan teknik sampel yang digunakan dengan teknik
sampel total (total sampling). Instrumen penelitian menggunakan angket dan
dokumentasi yang didapatkan langsung dari guru mata pelajaran akuntansi
setelah pembagian angket.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Internet
siswa kelas X Akuntansi SMK Sinar Husni Medan dalam kategori baik sekali.
Ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,4 yang berada pada
interval80-100 dengan kualitas kategori baik sekali. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji statistik, menunjukkan bahwa thitunglebih
besar dari ttabel yaitu 3,747> 1,7171 berarti korelasi antara media pembelajaran
internet dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi adalah signifikan. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara Media
Pembelajaran Internet dan hasil belajar akuntansi kelas X Akuntansi SMK Sinar
Husni Medan.