Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknologi Di Era Revolusi
Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen
penelitian ini adalah angket. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen
penelitian terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan rumus kolerasi produk
moment. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji t dan uji F.
Bedasarkan hasil analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk
teknologi di era revolusi industri 4.0 diperoleh nilai rata-rata 3,12 berada pada
kategori tinggi di peroleh skor tertinggi 58 dan skor terendah 35. Dan untuk hasil
belajar pada peserta didik kelas XI dapat dilihat dari daftar nilai siswa yang
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun hasil analisis inferensial
pengaruh teknologi di era revolusi industri 4.0 terhadap hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa persamaan regresinya Y=60,605+0,294X) diperoleh nilai t
hitung = -0,961, t tabel = 2,014 karena t hitung < t tabelsehingga Ha ditolak dan Ho
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel teknologi di era
revolusi industri 4.0 (X) tidak berpengaruh terhadap hasil siswa kelas XI AK
SMK Putra Anda Binjai T.P 2019-2020.