Research Repository

P E N G A R U H M A R K E T I N G MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM KAIN SONGKET BATU BARA

Show simple item record

dc.contributor.author Gunawan
dc.date.accessioned 2021-03-02T02:54:36Z
dc.date.available 2021-03-02T02:54:36Z
dc.date.issued 2020-12-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14896
dc.description.abstract Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan untuk membeli suatu produk atau jasa setelah melalui berbagai alternatif pilihan. Keputusan pembelian pada konsumen dapat dipengaruhi faktor dari marketing mix yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel penelitian dan hipotesis pengujian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan UMKM kain songket Batubara. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y=16,711+0,1991+0,3652+0,3383+0,2733+0,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh produk terhadap keputusan pembelian (sig.=0.040 dan thitung=2,084). Ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (sig.=0.001 dan thitung=3,472). Ada pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian (sig.=0.008 dan thitung=2,715). Ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian (sig.=0.018 dan thitung=2,401). Ada pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian (sig.=0.000 dan Fhitung=11,164). Nilai R Square yang diperoleh yakni 0,302, memperlihatkan produk, harga, tempat, dan promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 30,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Secara simultan produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Produk en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Tempat en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.title P E N G A R U H M A R K E T I N G MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM KAIN SONGKET BATU BARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account