Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota
terhadap pelayanan yang diberikan Kopsa Mas serta untuk menganalisis
hubungan antara pelayanan dengan kepuasan anggota Kopsa Mas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan
tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan yang diberikan Kopsa Mas serta
menggunakan korelasi pearson untuk mengetahui hubungan antara pelayanan
dengan kepuasan anggota Kopsa Mas. Sampel yang dipilih menggunakan
pendapat dari Arikunto yang mengambil 10% dari populasi dengan jumlah
responden sebanyak 64 anggota.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan
termasuk kategori baik. Dengan hasil tertinggi berada pada indikator tangible
(kenyataan), sedangkan hasil terendah berada pada indikator reliability
(keandalan) dan kepuasan termasuk kategori baik. Berdasarkan hubungan antara
pelayanan dengan kepuasan menghasilkan adanya hubungan yang nyata antara
pelayanan dengan kepuasan pada tingkat kepercayaan 95%.
Penelitian ini direkomendasikan untuk beberapa pihak yaitu, untuk pengururs
Kopsa Mas agar memepertahankan kinerja, pelayanan, memperhatikan keinginan
anggota, meningkatkan pelayanan dan kepercayaan anggota kepada Kopsa Mas.
Untuk anggota Kopsa Mas agar anggota selalu aktif dalam setiap kegiatan
Koperasi dan untuk Peneliti selanjutnya agar dapat meneliti variabel lain untuk
mengukur tingkat kepuasan terhadap pelayanan.