Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi
pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar akuntansi siswa
kelas XI AK SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2019/2020.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-Ak yang berjumlah 35 siswa. Teknik
yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Total Sampling. Instrument
yang digunakan adalah angket dan tes. Angket berjumlah 20 item dan tes terdiri
dari 20 soal, 10 soal pre-test dan 10 soal post-test, tes yang digunakan dalam
bentuk uraian.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK
) PAB 2
Helevetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Labuhan Deli,
Tj.Gusta, Deli Serdang, Sumatera Utara, 20116. Masalah dalam penelitian ini
adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI AK SMK PAB 2 Helvetia.
Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= 64,177 + 0,265 X .
Dari persamaan regresi linier sederhana tersebut nilai bahwa nilai a
(angka
kontan) dari Unstandardized Coefficient adalah 64,177. Hal ini berarti bahwa jika
tidak ada strategi everyone is a teacher here
(X
) maka nilai hasil belajar
(Y
)
adalah sebesar 64,177. Sedangkan b
( angka koefisien regresi
) nilainya sebesar
0,265, hal ini menunjukkan bahwa setiap penambahan 1% tingkat strategi
pembelajaran everyone is a teachere here
(X
) maka hasil belajar
(Y
) akan
meningkat sebesar 0,265. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif dengan
demikian dapat dikatakan bahwa strategi everyone is a teachere here
(X
)
berpengaruh positif terhadap hasil belajar
(Y
).
Dari hasil pengujian hipotesis, pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh
thitung > ttabel yaitu 3,851 > 1,692 , maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.
Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran everyone is a
teachere here terhadap hasil belajar akuntansi kelas XI SMK PAB 2 Helvetia
tahun pelajaran 2019/2020.