Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut utama apa saja pada
jeruk lemon yang menjadi pilihan konsumen dan daya saing jeruk lemon lokal
terhadap jeruk lemon impor berdasarkan sikap konsumen terhadap atribut jeruk
lemon lokal maupun jeruk lemon impor. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode analisis Fishbein. Populasi dalam penelitian ini yaitu
2.279.894 orang masyarakat kota Medan. Pengambilan sampel sebanyak 100
orang yang berada di kota medan dengan menggunakan rumus Slovin.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan studi literatur dan kuisioner yang dilakukan secara daring. Analisis
kuantitatif yang digunakan adalah analisis Fishbein yaitu alat analisis yang
digunakan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap jeruk lemon lokal dan
jeruk lemon impor.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa
mayoritas konsumen adalah perempuan, berusia 17- 29 tahun, dengan pendapatan
Rp1.500.000-Rp2.500.000. Dalam penelitian ini responden lebih menyukai jeruk
lemon lokal. Keseluruhan penilaian responden menyukai atribut jeruk lemon lokal
berupa harga, mudah didapat, rasa, dan aroma