Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah mahasiswa Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara angkatan 2015 tidak mengalami kesulitan ketika melaksanakan kegiatan
Praktik Magang III yang harus wajib diikuti mahasiswa FKIP UMSU Pendidikan
Akuntansi 2015, ada beberapa tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk menemukan bentuk
kesulitan mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2015 dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). 2) Untuk menemukan tingkat kesulitan mahasiswa Pendidikan
Akuntansi 2015 dalam menentukan metode pembelajaran dan model pembelajaran. 3)
Untuk menemukan bentuk kesulitan mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2015 yang
kurangnya kepercayaan diri ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Metode
penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang
digunakan adalah angket (kuesioner). Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa
Pendidikan Akuntansi 2015 sudah melaksanakan kegiatan Praktik Magang III dengan
baik sesuai dengan standar proses, baik dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), baik dalam menentukan metode pembelajaran dan model
pembelajaran, dan serta memiliki kepercayaan diri ketika mengajar didalam kelas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Praktik Magang III sudah dapat
melaksanakan kegiatan mengajar, karena adanya pelaksanaan praktik magang III ini
mahasiswa praktik akan sangat siap menjadi guru yang profesional.