Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media
pembelajaran akuntansi dikelas X SMK BM PAB 03 Medan Estate tahun
pelajaran 2019/2020 dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran dalam
bentuk komik akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan.
Prosedur pengembangan komik akuntansi dalam penelitian ini terdiri dari tiga
tahap: 1) tahap perencanaan 2) tahap produksi 3) tahap evaluasi. Validasi komik
dilakukan oleh Dosen akuntansi sebagai ahli media dan ahli materi dilakukan oleh
Guru SMK BM PAB 03 Medan Estate. Komik akuntansi di uji cobakan pada
siswa kelas X Akuntansi dengan total 22 siswa. Teknik pengumpulan data
penelitian ini dengan angket. Data yang didapat dari angket di analisis secara
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik
akuntansi sebagai media pembelajaran diproleh penilaian kelayakan oleh ahli
materi dengan rata-rata skor 4,55 termasuk dalam kategori sangat layak (A),
penilaian kelayakan dari ahli media dengan rata-rata skor 4,24 hal ini trmasuk
juga dalam kategori sangat layak (A), penilaian siswa terhadap komik akuntansi
yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diproleh rata-rata skor 4,40
termasuk dalam kategori sangat layak (A). Dengan demikian, komik akuntansi ini
layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.