Research Repository

Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perubahan Perilaku terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Putri
dc.date.accessioned 2021-02-11T07:56:19Z
dc.date.available 2021-02-11T07:56:19Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14838
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan perubahan perilaku terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 56 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 64,396 + 0,244 X1 + 0,114 X2 + e selanjutnya variabel penggunaan gadget (X1) memiliki pengeruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel(2,492 > 1,674) dan nilai sig (0,016< 0,05). Sementara perubahan perilaku (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung>ttabel(2,138> 1,674) dan nilai sig (0,02< 0,05). Secara bersama-sama penggunaan gadget dan perubahan perilaku memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,216> 3,17) dengan nilai sig ( 0,048< 0,05). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan gadgetperubahan perilakuterhadap hasil belajar adalah 11%. Dampak penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa disertai dengan perubahan perilaku secara efektif akan berpengaruh besar terhadap prestasi belajarnya, baik prestasi yang meningkat ataupun menurun, tergantung bagaimana siswa menyikapinya, serta diperlukan pengawasan orang tua dan juga guru dalam hal ini. en_US
dc.subject Penggunaan Gadget en_US
dc.subject Perubahan Perilaku en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perubahan Perilaku terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account