Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan gadget dan perubahan perilaku terhadap prestasi belajar akuntansi
siswa SMK Tritech Informatika Medan 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Popolasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 56 orang,
sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode
total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket
dan dokumentasi. Uji validitas yang analisis butir angket menggunakan rumus
korelasi product moment, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier
berganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 22,
diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 64,396 + 0,244 X1 + 0,114 X2 + e
selanjutnya variabel penggunaan gadget (X1) memiliki pengeruh yang positif dan
signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung>ttabel(2,492
> 1,674) dan nilai sig (0,016< 0,05). Sementara perubahan perilaku (X2) juga
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan
nilai thitung>ttabel(2,138> 1,674) dan nilai sig (0,02< 0,05). Secara bersama-sama
penggunaan gadget dan perubahan perilaku memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,216> 3,17)
dengan nilai sig ( 0,048< 0,05). Persentase sumbangan pengaruh penggunaan
gadgetperubahan perilakuterhadap hasil belajar adalah 11%.
Dampak penggunaan gadget yang berlebihan pada siswa disertai dengan
perubahan perilaku secara efektif akan berpengaruh besar terhadap prestasi
belajarnya, baik prestasi yang meningkat ataupun menurun, tergantung bagaimana
siswa menyikapinya, serta diperlukan pengawasan orang tua dan juga guru dalam
hal ini.