Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Putri Belinda
dc.date.accessioned 2021-02-11T07:48:07Z
dc.date.available 2021-02-11T07:48:07Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14837
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 pada materi Akuntansi Dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL-2 SMK Jambi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Medan, Bantan Kec. Medan Tembung, Kota Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AKL-2 SMK Jambi Medan. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas X AKL-2 yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) dan tes. Adapun hasil dari penelitian ini secara Linieritas yaitu Fhitung = 0,975 dan Ftabel = 3,32. Dengan demikian dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel atau 0,975 < 3,32. Dari hasil uji f tersebut, terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel X dan Variabel Y. Adapun hasil dari penelitian ini secara hipotesis (uji t) yaitu thitung = 4,183 dan ttabel = 1,703. Dengan demikian dapat disimpulkan thitung > ttabel atau 4,183 > 1,703 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Mind Mapping en_US
dc.subject Kreatif en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account