Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan
Tahun Pembelajaran 2019/2020 pada materi Akuntansi Dasar. Masalah dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL-2
SMK Jambi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Jambi Medan yang
beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Medan, Bantan Kec. Medan Tembung, Kota
Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X
AKL-2 SMK Jambi Medan. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah
purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas X AKL-2
yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) dan tes. Adapun hasil dari
penelitian ini secara Linieritas yaitu Fhitung = 0,975 dan Ftabel = 3,32. Dengan
demikian dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel atau 0,975 < 3,32. Dari hasil uji f
tersebut, terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel X dan
Variabel Y. Adapun hasil dari penelitian ini secara hipotesis (uji t) yaitu thitung =
4,183 dan ttabel = 1,703. Dengan demikian dapat disimpulkan thitung > ttabel atau
4,183 > 1,703 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha
diterima, artinya bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas X AK SMK Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.