Research Repository

Pemanfaatan media luar ruang dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance Cabang Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Karo-Karo, Persadanta
dc.date.accessioned 2021-01-30T03:59:40Z
dc.date.available 2021-01-30T03:59:40Z
dc.date.issued 2019-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14782
dc.description.abstract Skripsi ini mengkaji tentang Pemanfaatan media luar ruang dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance. Keberhasilan perusahaan PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan dalam mempromosikan produk-produk mereka akan dipengaruhi oleh bagaimana cara penggunaan dan pemanfaatan media iklan luar ruang yang mereka lakukan. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana pemanfaatan iklan media luar yaitu spanduk dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan. Teori-Teori yang digunakan ialah teori mengenai media luar ruang, teori promosi, teori AIDDA dan teori mengenai konsumen. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Narasumber dari penelitian ini adalah Marketing Head PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kekurangan dalam hal pemanfaatan media luar ruang yaitu spanduk dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance yang mencakup lima aspek penting yaitu (1) ukuran dan dominasi spanduk, penentuan ukuran dan dominasi spanduk dalam promosi produk telah di pertimbangkan secara baik dengan memperhatikan jarak baca pengendara atau masyarakat yang melihatnya. (2) Warna, penggunaan warna-warna yang cerah dalam spanduk menjadikan spanduk menarik untuk dibaca, akan tetapi perpaduan warna belum begitu diperhatikan dan disesuaikan karena akan mempengaruhi kejelasan tulisan isi pesan dalam spanduk. (3) Pesan Singkat, menggunakan kalimat singkat, jelas, dan padat serta kalimat persuasive lebih efektif untuk menarik pengendara maupun masyarakat untuk membacanya. (4) Zoning, penyebaran spanduk berdasarkan atas dua jenis yaitu tempat keramaian dan di tempat toko/ warung mitra kerja pengusaha-pengusaha kecil dan menengah keatas. (5) Efek mencolok, spanduk telah dimanfaatkan walaupun tidak semua efek mencolok telah digunakan hanya sebahagian dari efek mencolok tersebut digunakan seperti warna cerah dan gambar yang berukuran besar mendominasi spanduk. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan efek mencolok yang di buat dalam spanduk PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan belum dimanfaatkan secara maksimal. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Luar Ruang en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.title Pemanfaatan media luar ruang dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance Cabang Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account