Abstract:
Skripsi ini mengkaji tentang Pemanfaatan media luar ruang dalam promosi
produk PT. Sinarmas Multifinance. Keberhasilan perusahaan PT. Sinarmas
Multifinance cabang Medan dalam mempromosikan produk-produk mereka akan
dipengaruhi oleh bagaimana cara penggunaan dan pemanfaatan media iklan luar
ruang yang mereka lakukan. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana
pemanfaatan iklan media luar yaitu spanduk dalam promosi produk PT. Sinarmas
Multifinance cabang Medan. Teori-Teori yang digunakan ialah teori mengenai
media luar ruang, teori promosi, teori AIDDA dan teori mengenai konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini
menggunakan teknik Pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Narasumber dari
penelitian ini adalah Marketing Head PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kekurangan dalam hal
pemanfaatan media luar ruang yaitu spanduk dalam promosi produk PT. Sinarmas
Multifinance yang mencakup lima aspek penting yaitu (1) ukuran dan dominasi
spanduk, penentuan ukuran dan dominasi spanduk dalam promosi produk telah di
pertimbangkan secara baik dengan memperhatikan jarak baca pengendara atau
masyarakat yang melihatnya. (2) Warna, penggunaan warna-warna yang cerah
dalam spanduk menjadikan spanduk menarik untuk dibaca, akan tetapi perpaduan
warna belum begitu diperhatikan dan disesuaikan karena akan mempengaruhi
kejelasan tulisan isi pesan dalam spanduk. (3) Pesan Singkat, menggunakan
kalimat singkat, jelas, dan padat serta kalimat persuasive lebih efektif untuk
menarik pengendara maupun masyarakat untuk membacanya. (4) Zoning,
penyebaran spanduk berdasarkan atas dua jenis yaitu tempat keramaian dan di
tempat toko/ warung mitra kerja pengusaha-pengusaha kecil dan menengah
keatas. (5) Efek mencolok, spanduk telah dimanfaatkan walaupun tidak semua
efek mencolok telah digunakan hanya sebahagian dari efek mencolok tersebut
digunakan seperti warna cerah dan gambar yang berukuran besar mendominasi
spanduk. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan efek mencolok yang di buat
dalam spanduk PT. Sinarmas Multifinance cabang Medan belum dimanfaatkan
secara maksimal.